Kamis, 16 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Harga Bibit Bebek Jogja - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini semakin populer. keinginan terhadap daging bebek terus bertambah. Dahulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen setelah periode produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
warga umum biasanya merasa sama antara itik dan bebek. meskipun sebenarnya ada sedikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol serta gerakannya lincah. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. tapi dalam ulasan kesempatan ini, kita tak memperbedakan pada itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Dewasa ini udah tersedia bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. Namun sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur maupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik dan tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam setahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada usia 5-6 bulan, serta konsisten produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio merupakan salah satunya type bebek yang banyak dibudidayakan. sebetulnya ada tipe bebek kalimantan lain yakni bebek nunukan. akan tetapi tidak demikian digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada bagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar ketimbang bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yg beragam. potensi bertelurnya lebih sedikit dibandingkan bebek jawa serta bebek alabio, seputar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal setelah berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek style ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek diatas, ada bebek beberapa tipe bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan sistem penggembalaan atau metode kandang. ditengah bertambah sulitnya lahan penggembalaan, sekarang banyak peternak banyak yg berubah ke skema kandang. Telah banyak peternak yg perlihatkan dengan metode kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang harus dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti udah disinggung awal kalinya, terdapat dua sistim ternak bebek yaitu langkah penggembalaan dan metode kandang. Kedua langkah itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak digunakan oleh beberapa peternak tradisional, misalnya banyak peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. rata-rata kwalitas telur yg dibuat dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. jika di proses jadi telur asin amat baik.

akan tetapi langkah ini belum tentu bisa diaplikasikan di semua tempat. Mengingat makin minimnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang susah didapat, cara ini bertambah tidak popular. di sisi lainnya, sistem budidaya dengan kandang sudah bertambah maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yg tdk kalah baik. Kualitas telur yang dibuat bisa dikontrol dengan pemberian pakan yg tepat. terdapat sejumlah type kandang untuk ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. jenis kandang ini berwujud pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disediakan kandang buat berteduh. jika malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk satu bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan pelbagai layanan seperti tempat pakan, minum atau kalau sangat mungkin kolam berenang. basic kandang bisa berwujud tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang model baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibuat dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang type baterei bisa ditaruh di atau luar area. Dengan tipe kandang baterai, tidak disajikan kolam buat berenang.
b. Pilih jenis kandang
Model kandang seperti apa yg pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di ingatan pembaca. Pemilihan tipe kandang sangat berkenaan dengan tersedianya sumber daya seperti, area, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut perihal yg butuh diperhitungkan dalam memilih jenis kandang.

Bila lahan yang ada cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan lahan yang luas, akan tetapi investasi buat pembuatan kandang bisa ditekan karena kesibukan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diterapkan pada terak bebek semi intensif.
apabila area yg ada hanya terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau model battery. Kandang jenis ini relatif tdk butuh area luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang tipe ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkanlah pula arah ternak bebek. kalau konsentrasi pada produksi telur serta daging, sistem tekurung serta baterai dapat digunakan. Tetapi jika punya tujuan buat pembibitan/reproduksi, sebaiknya pikirkanlah jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan layanan kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang maksimal, seharusnya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga cara untuk dapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. soal ini bisa dikerjakan jika kita mempunyai bibit yang bermutu, dan juga mempunyai fasilitas pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan bergantung dengan tipe pakan yang diberikan. di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Ada dua style pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau buat mengirit bisa diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, minimal ada tiga style pakan untuk masing-masing babak pertumbuhan. tahap awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower untuk umur 8-18 minggu dan tahap layer usia 18-27 minggu. Pakan babak awal minimal miliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein minimal dan pas buat pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Trik memberikannya pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari seharusnya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai serta dikasihkan lewat cara terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus menerus. dibawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Jogja




Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar