Kamis, 16 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Harga Bibit Bebek Jogja - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini semakin disukai banyak orang. permohonan pada daging bebek terus semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen setelah masa produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang mengarah pada daging.
orang umum rata-rata merasa sama antara itik serta bebek. walau sebenarnya ada sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol serta gerakannya lincah. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. tetapi dalam ulasan kali ini, kita tidak membedakan antara itik serta bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Dewasa ini sudah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. tetapi sebenarnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil kedua-duanya, baik telur atau dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik serta tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan tetap produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio adalah salah satu tipe bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada style bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. Namun tidak begitu popular dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibanding bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berwujud bebek liar yg didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang beraneka. kebolehan bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg merasa sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, ada bebek beragam jenis bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dikerjakan dengan cara penggembalaan atau sistim kandang. ditengah semakin sulitnya lahan penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yg berganti ke mode kandang. udah banyak peternak yang perlihatkan dengan mode kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. di bawah ini berbagai hal yang perlu jadi perhatian dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti telah disinggung awal mulanya, ada dua metode ternak bebek yaitu sistem penggembalaan serta metode kandang. ke-2 metode itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak difungsikan oleh banyak peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain sebagainya. rata-rata kwalitas telur yang dihasilkan dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diproses menjadi telur asin amat baik.

Hanya saja cara ini belum pasti dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat kian kurangnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang sulit didapatkan, langkah ini semakin tdk disukai banyak orang. di lain bagian, sistim budidaya dengan kandang telah kian maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yg tidak kalah baik. kwalitas telur yg dihasilkan bisa diatur dengan pemberian pakan yang pas. ada sejumlah model kandang buat ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. jenis kandang ini berbentuk pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, namun disediakan kandang buat berteduh. jika malam datang atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau model postal. Berupa suatu bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau bila memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berupa tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang jenis baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yg terpisah. Biasanya dibikin dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang model battery bisa diletakkan dalam atau luar tempat. Dengan tipe kandang battery, tdk disiapkan kolam buat berenang.
b. Pilih tipe kandang
Type kandang seperti apakah yg sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg ada pada pikiran pembaca. penentuan tipe kandang sangatlah sehubungan dengan ketersediaan sumber daya seperti, tempat, luas area, tenaga kerja serta modal. Berikut hal yang perlu diperhitungkan dalam menentukan tipe kandang.

jika lahan yang tersedia cukup luas bisa diperhitungkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini memerlukan tempat yg luas, akan tetapi investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan karena aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diterapkan pada terak bebek semi intensif.
jika lahan yang tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau model baterai. Kandang tipe ini relatif tak butuh area luas, tapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini pas untuk budidaya mendalam.
pikirkanlah juga tujuan ternak bebek. Bila konsentrasi pada produksi telur dan daging, sistem tekurung serta battery bisa diperlukan. akan tetapi bila bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan fasilitas kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang optimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yg baik. Ada tiga trik untuk memperoleh bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yg dapat di buktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini bisa dilakukan kalau kita punyai bibit yang memiliki kualitas, dan juga memiliki sarana pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging perlu pakan yang bermutu. Pada bebek petelur, mutu telur yang dihasilkan bergantung dengan tipe pakan yg dikasihkan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Terdapat dua tipe pakan ternak bebek, ialah pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau buat menghemat bisa diramu sendiri.

apabila kita beli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya terdapat tiga style pakan buat semasing fase pertumbuhan. sesi awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, babak grower untuk umur 8-18 minggu serta babak layer usia 18-27 minggu. Pakan babak awal semestinya mempunyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% dan babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimum dan pas buat pakan unggas. tersebut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (persen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Cara memberikannya pakan pada bebek yang baru netas sampai berusia 21 hari semestinya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari bisa disebar dilantai serta dikasihkan lewat cara terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disiapkan dalam wadah khsus di dalam kandang secara tak henti. di bawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Jogja




Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar