Kamis, 16 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Harga Bibit Bebek Jogja - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini bertambah digemari banyak orang. Permintaan pada daging bebek selalu bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedang daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
penduduk umum rata-rata menganggap sama pada itik dan bebek. meski sebenarnya ada sedikit perbedaan pada itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya gesit. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. tapi dalam uraian kali ini, kita tidak memperbedakan antara itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Saat ini udah tersedia bebek khusus pedaging serta bebek petelur. tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur atau dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik dan tak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa adalah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada usia 5-6 bulan, serta tetap produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio merupakan salah satunya model bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada jenis bebek kalimantan beda ialah bebek nunukan. Namun tidak demikian disukai banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih besar dibandingkan bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang bermacam. kekuatan bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal selesai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek model ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek pelbagai tipe bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan langkah penggembalaan atau sistem kandang. ditengah bertambah sulitnya tempat penggembalaan, kini beberapa peternak banyak yang berubah ke sistem kandang. sudah banyak peternak yang perlihatkan dengan skema kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. Berikut ini berbagai hal yang perlu dilihat dalam upaya ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua sistim ternak bebek yakni sistem penggembalaan serta sistim kandang. ke-2 cara itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh banyak peternak tradisionil, contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. kebanyakan kwalitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses berubah menjadi telur asin amat baik.

Hanya saja langkah ini belumlah semestinya dapat dipraktekkan di semua tempat. Mengingat bertambah terbatasnya tempat serta tenaga kerja penggembala yang sulit didapat, sistem ini semakin tdk populer. di lain sisi, cara budidaya dengan kandang udah kian maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yang tdk kalah baik. kualitas telur yang dihasilkan bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. terdapat sejumlah tipe kandang untuk ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. jenis kandang ini berbentuk pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disediakan kandang untuk berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk satu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan bermacam layanan seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berbentuk tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang model baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yg terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intens. Kandang jenis baterai dapat ditempatkan di dalam atau luar ruang. Dengan type kandang battery, tidak disajikan kolam buat berenang.
b. Menentukan model kandang
Model kandang seperti apakah yg pas buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di pikiran pembaca. Pemilihan jenis kandang sangat sehubungan dengan adanya sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja dan modal. tersebut soal yg butuh dipertimbangkan dalam memilih jenis kandang.

jika lahan yg tersedia cukuplah luas dapat diperhitungkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, tetapi investasi buat pembuatan kandang dapat didesak lantaran kesibukan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi mendalam.
jika area yang tersedia hanya terbatas, bisa diperhitungkan model kandang terkurung atau tipe baterai. Kandang model ini relatif tdk memerlukan tempat luas, tapi cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini pas untuk budidaya mendalam.
Pertimbangkan pula arah ternak bebek. apabila konsentrasi pada produksi telur serta daging, skema tekurung dan baterei dapat diperlukan. Tetapi kalau punya tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimum, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga teknik untuk mendapatkan bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yang terbukti mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini bisa dilaksanakan kalau kita memiliki bibit yang memiliki kualitas, dan memiliki layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yg bermutu. Pada bebek petelur, mutu telur yang dihasilkan tergantung dengan tipe pakan yang dikasihkan. di bawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau buat mengirit bisa diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, setidaknya terdapat tiga tipe pakan untuk semasing sesi pertumbuhan. babak awal diperuntukan bagi bebek berusia 0-8 minggu, babak grower buat usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal minimal mempunyai kandungan protein 20-22%, babak grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein minimum serta cocok untuk pakan unggas. selanjutnya satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Cara memberikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari seharusnya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai dan dikasihkan dengan cara tiada henti. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disiapkan dalam wadah khsus dalam kandang dengan tiada henti. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Jogja




Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar