Kamis, 23 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Mojosari 2018

Harga Bibit Bebek Mojosari 2018


Harga Bibit Bebek Mojosari 2018 - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang kian populer. permohonan pada daging bebek terus makin bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
penduduk umum kebanyakan menganggap sama antara itik serta bebek. Padahal sebenarnya terdapat sedikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya gesit. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. tetapi dalam penjelasan kali ini, kita tak mengetahui antara itik dan bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Mojosari 2018


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Mojosari 2018

Harga Bibit Bebek Mojosari 2018


Jaman sekarang telah tersedia bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. tapi sebenarnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur maupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik dan tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada usia 5-6 bulan, dan konsisten produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah salah satunya model bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada model bebek kalimantan beda yakni bebek nunukan. tetapi tidak demikian populer dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berupa bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yang beragam. kapabilitas bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek model ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg menganggap sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, ada bebek berbagai style bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilaksanakan dengan langkah penggembalaan atau sistem kandang. ditengah semakin sulitnya area penggembalaan, saat ini para peternak banyak yang berubah ke metode kandang. udah banyak peternak yg menyatakan dengan sistem kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini beberapa hal yang penting jadi perhatian dalam usaha ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti telah disinggung awal mulanya, terdapat dua sistim ternak bebek yakni sistim penggembalaan dan cara kandang. Kedua metode itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak difungsikan oleh para peternak tradisionil, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. kebanyakan kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. apabila diproses jadi telur asin begitu baik.

Hanya saja sistem ini belum pula tentu dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat kian terbatasnya lahan serta tenaga kerja penggembala yg susah diperoleh, metode ini bertambah tidak populer. di sisi lainnya, metode budidaya dengan kandang sudah kian maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. Kualitas telur yang dihasilkan dapat diatur dengan pemberian pakan yang pas. terdapat sejumlah model kandang untuk ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang tipe pekarangan. Tipe kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berwujud terbuka, namun disediakan kandang buat berteduh. jika malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berwujud satu bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan bermacam fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. basic kandang bisa berbentuk tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang model baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang model baterai bisa di tempatkan di atau luar ruang. Dengan tipe kandang baterei, tidak disediakan kolam buat berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Jenis kandang seperti apakah yg cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg berada pada pikiran pembaca. Pemilihan tipe kandang sangatlah berkaitan dengan adanya sumber daya seperti, area, luas lahan, tenaga kerja serta modal. selanjutnya hal yg perlu diperhitungkan dalam memilih model kandang.

Bila area yang ada cukuplah luas dapat dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak sebab kegiatan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok dipraktekkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
Bila lahan yang tersedia terbatas, dapat diperhitungkan jenis kandang terkurung atau jenis baterei. Kandang jenis ini relatif tak membutuhkan area luas, tetapi ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang jenis ini pas untuk budidaya mendalam.
Pertimbangkan pula maksud ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung dan battery dapat dipakai. akan tetapi kalau bertujuan buat pembibitan/reproduksi, baiknya pertimbangkan type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimum, seharusnya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga trik untuk mendapat bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini dapat dilakukan jika kita punyai bibit yang memiliki kualitas, dan miliki layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging butuh pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dibuat tergantung dengan tipe pakan yang diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Ada dua style pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berwujud keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

jika kita membeli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga jenis pakan untuk semasing fase pertumbuhan. babak awal diperuntukan untuk bebek berumur 0-8 minggu, tahap grower buat usia 8-18 minggu serta sesi layer usia 18-27 minggu. Pakan babak awal sedikitnya punyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sekurang-kurangnya serta cocok untuk pakan unggas. Berikut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Metode pemberian pakan
Langkah berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari semestinya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari dapat ditebar dilantai serta diberikan secara terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari semestinya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disiapkan dalam wadah khsus dalam kandang dengan cara tiada henti. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Mojosari 2018




Harga Bibit Bebek Mojosari 2018


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar