Rabu, 22 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Mojokerto

Jual Bibit Bebek Mojokerto


Jual Bibit Bebek Mojokerto - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini semakin popular. Permintaan pada daging bebek selalu semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, dan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sehabis saat produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg berorientasi pada daging.
penduduk umum rata-rata menganggap sama pada itik serta bebek. meskipun sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya gesit. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam ulasan kesempatan ini, kita tak membedakan pada itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Mojokerto


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Mojokerto

Jual Bibit Bebek Mojokerto


Saat ini telah tersedia bebek spesial pedaging dan bebek petelur. tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur atau dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sangatlah spesifik dan tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, serta konsisten produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio adalah satu diantaranya type bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada tipe bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. tetapi tak demikian populer ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalannya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali mempunyai warna badan yang bermacam. Kemampuan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal selesai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek type ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang merasa sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek bermacam style bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dikerjakan dengan sistim penggembalaan atau sistim kandang. Di tengah bertambah sulitnya tempat penggembalaan, sekarang banyak peternak banyak yg beralih ke skema kandang. udah banyak peternak yg tunjukkan dengan metode kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. Berikut ini berbagai perihal yang perlu dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti sudah disinggung awal mulanya, ada dua metode ternak bebek yakni sistem penggembalaan serta cara kandang. ke dua sistim itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak digunakan oleh banyak peternak tradisional, perumpamaannya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. Biasanya kualitas telur yang dibuat dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. apabila diproses jadi telur asin amat baik.

tetapi sistem ini belumlah semestinya dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat kian terbatasnya area dan tenaga kerja penggembala yang sukar didapat, cara ini kian tdk populer. di lain sisi, sistim budidaya dengan kandang sudah semakin maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yg tdk kalah baik. kualitas telur yang dibuat dapat diatur dengan pemberian pakan yg pas. ada banyak type kandang buat ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini berbentuk terbuka, namun disajikan kandang buat berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berwujud sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan pelbagai layanan seperti tempat pakan, minum atau kalau sangat mungkin kolam berenang. basic kandang dapat berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang type baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. umumnya dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang type battery dapat di letakkan dalam atau luar tempat. Dengan jenis kandang battery, tdk disediakan kolam untuk berenang.
b. Menentukan jenis kandang
Tipe kandang seperti apakah yang cocok buat saya? mungkin itu pertanyaan yg ada pada ingatan pembaca. Pemilihan tipe kandang sangatlah sehubungan dengan ketersediaan sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja dan modal. Berikut perihal yg butuh diperhitungkan dalam pilih model kandang.

kalau lahan yg tersedia cukup luas bisa dipertimbangkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini membutuhkan lahan yg luas, akan tetapi investasi buat pembuatan kandang bisa ditekan karena aktivitas bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai diterapkan pada terak bebek semi intensif.
kalau lahan yang tersedia hanya terbatas, dapat diperhitungkan model kandang terkurung atau type baterai. Kandang model ini relatif tdk memerlukan lahan luas, namun biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini sesuai buat budidaya mendalam.
pikirkan juga maksud ternak bebek. Bila fokus pada produksi telur dan daging, metode tekurung serta battery bisa dimanfaatkan. tapi kalau mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkanlah jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan fasilitas kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang optimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yg baik. Ada tiga trik untuk dapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini bisa dilakukan kalau kita punyai bibit yang berkualitas, dan juga punyai layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak berbeda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging butuh pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dihasilkan terkait dengan jenis pakan yg dikasihkan. di bawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong dan kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

kalau kita beli pakan dari pabrik, sedikitnya terdapat tiga model pakan buat masing-masing tahap perkembangan. babak awal diperuntukan bagi bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower buat usia 8-18 minggu dan sesi layer umur 18-27 minggu. Pakan sesi awal setidaknya punyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimum serta sesuai untuk pakan unggas. tersebut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (prosen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Metode memberikan pakan pada bebek yg baru netas sampai berumur 21 hari baiknya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan buat bebek di atas 21 hari dapat ditebar dilantai serta diberikan dengan cara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari sebaiknya tambahkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disiapkan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus terusan. Berikut ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Mojokerto




Jual Bibit Bebek Mojokerto


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar