Minggu, 19 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Lombok

Jual Bibit Bebek Lombok


Jual Bibit Bebek Lombok - Informasi Lebih lanjut Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini kian popular. keinginan terhadap daging bebek selalu bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
penduduk umum umumnya memandang sama antara itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat dikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya tangkas. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. akan tetapi dalam uraian kesempatan ini, kita tidak mengetahui pada itik serta bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Lombok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Lombok

Jual Bibit Bebek Lombok


Saat ini telah ada bebek teristimewa pedaging dan bebek petelur. tapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yg sangat spesifik serta tidak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam setahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan terus produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio merupakan salah satunya model bebek yg banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada model bebek kalimantan lainnya yaitu bebek nunukan. tetapi tdk begitu disukai banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar ketimbang bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalnya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yang beragam. kekuatan bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal selesai berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek type ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek beberapa tipe bebek pedaging. Atau biasa pun disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dijalankan dengan sistem penggembalaan atau sistim kandang. ditengah bertambah sulitnya area penggembalaan, sekarang para peternak banyak yang berubah ke metode kandang. sudah banyak peternak yang tunjukkan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang harus jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti udah disinggung awal kalinya, ada dua metode ternak bebek yaitu metode penggembalaan serta sistim kandang. ke dua sistem itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak difungsikan oleh para peternak tradisional, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kualitas telur yang dihasilkan dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. jika diproses menjadi telur asin amat baik.

Hanya saja sistem ini belum pula pasti dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah minimnya tempat dan tenaga kerja penggembala yg sukar didapat, cara ini bertambah tak digemari banyak orang. di lain bidang, metode budidaya dengan kandang telah semakin maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang perlihatkan produktivitas yang tidak kalah baik. Kualitas telur yang dibuat bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang pas. terdapat sejumlah tipe kandang untuk ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang type pekarangan. model kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini bersifat terbuka, tapi disajikan kandang untuk berteduh. jika malam datang atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau jenis postal. berwujud suatu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalaupun sangat mungkin kolam berenang. basic kandang dapat berwujud tanah atau semen yg ditaburi sekam padi.
Kandang model baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang type baterai bisa di tempatkan di dalam atau luar ruang. Dengan jenis kandang battery, tidak disediakan kolam untuk berenang.
b. Menentukan jenis kandang
Type kandang seperti apa yang pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada akal pembaca. penentuan type kandang amat berkenaan dengan terdapatnya sumber daya seperti, tempat, luas area, tenaga kerja dan modal. Berikut perihal yg butuh dipertimbangkan dalam menentukan tipe kandang.

Bila area yang tersedia cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, akan tetapi investasi untuk pembuatan kandang dapat didesak lantaran pekerjaan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
Bila lahan yg tersedia terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau tipe battery. Kandang type ini relatif tak memerlukan lahan luas, namun ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang model ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. jika fokus pada produksi telur dan daging, skema tekurung serta battery dapat dipakai. namun kalau memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimum, semestinya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga langkah untuk mendapat bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yg dapat dibuktikan kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini bisa dilaksanakan kalau kita memiliki bibit yang memiliki kualitas, serta miliki fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging butuh pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, mutu telur yang dihasilkan bergantung dengan type pakan yang dikasihkan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Ada dua tipe pakan ternak bebek, ialah pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, sedikitnya terdapat tiga tipe pakan untuk semasing sesi perkembangan. tahap awal diperuntukkan untuk bebek berusia 0-8 minggu, sesi grower buat usia 8-18 minggu serta tahap layer umur 18-27 minggu. Pakan babak awal sedikitnya memiliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein minimum dan sesuai buat pakan unggas. Berikut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Trik berikan pakan pada bebek yg baru netas hingga berusia 21 hari semestinya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek diatas 21 hari bisa ditebar dilantai serta dikasihkan lewat cara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang dengan cara tak henti. di bawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Lombok




Jual Bibit Bebek Lombok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar