Senin, 20 Mei 2019

Jual Bibit Itik Jogja

Jual Bibit Itik Jogja


Jual Bibit Itik Jogja - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek saat ini kian popular. permohonan terhadap daging bebek terus makin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah masa produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang fokus pada daging.
orang umum rata-rata merasa sama antara itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat dikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya gesit. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam review kali ini, kita tdk membedakan pada itik serta bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Itik Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Itik Jogja

Jual Bibit Itik Jogja


Saat ini udah tersedia bebek privat pedaging serta bebek petelur. akan tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan masih produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio adalah salah satunya style bebek yang banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada jenis bebek kalimantan beda ialah bebek nunukan. akan tetapi tak begitu popular ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih besar dibandingkan bebek Jawa. kekuatan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang beraneka. kekuatan bertelurnya lebih sedikit dibandingkan bebek jawa serta bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek tipe ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek bermacam tipe bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilaksanakan dengan sistim penggembalaan atau sistim kandang. di dalam bertambah sulitnya area penggembalaan, kini banyak peternak banyak yang beralih ke skema kandang. udah banyak peternak yang menunjukkan dengan mode kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. di bawah ini berbagai hal yang penting dilihat dalam upaya ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti telah disinggung sebelumnya, terdapat dua langkah ternak bebek ialah metode penggembalaan dan sistem kandang. ke dua cara tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistem penggembalaan banyak difungsikan oleh beberapa peternak tradisional, misalnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. Biasanya mutu telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. apabila di proses berubah menjadi telur asin sangat baik.

Hanya saja sistem ini belumlah tentu bisa ditempatkan di semua tempat. Mengingat semakin minimnya lahan dan tenaga kerja penggembala yg sulit didapat, langkah ini kian tdk digemari banyak orang. Di sisi lain, langkah budidaya dengan kandang telah kian maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang membuktikan produktivitas yg tidak kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang pas. terdapat sejumlah type kandang buat ternak bebek, tersebut pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. model kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini bersifat terbuka, tetapi disediakan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau model postal. Berupa suatu bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan beberapa layanan seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang jenis baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di letakkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur intens. Kandang model battery bisa di letakkan di atau luar tempat. Dengan model kandang battery, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Pilih type kandang
Jenis kandang seperti apakah yg sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada pikiran pembaca. Pemilihan model kandang sangat terkait dengan ketersediaan sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja serta modal. Berikut hal yg perlu diperhitungkan dalam memilih tipe kandang.

Bila lahan yg tersedia cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh tempat yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan lantaran kegiatan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diterapkan pada terak bebek semi intens.
apabila area yang ada hanya terbatas, bisa diperhitungkan tipe kandang terkurung atau model baterei. Kandang jenis ini relatif tak butuh area luas, akan tetapi biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini cocok buat budidaya intens.
pikirkan juga maksud ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur dan daging, skema tekurung dan battery dapat dimanfaatkan. akan tetapi kalau punya tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkan model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimum, sebaiknya muai dengan pilih bibit yang baik. Ada tiga metode untuk dapatkan bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang bisa dibuktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini dapat dijalankan apabila kita miliki bibit yang memiliki kualitas, serta miliki fasilitas pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dibuat bergantung dengan style pakan yang diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Type pakan
Ada dua tipe pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, semestinya ada tiga jenis pakan buat masing-masing sesi pertumbuhan. tahap awal diperuntukan untuk bebek berusia 0-8 minggu, fase grower untuk umur 8-18 minggu serta tahap layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal sekurang-kurangnya mempunyai kandungan protein 20-22%, babak grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein minimum dan cocok untuk pakan unggas. tersebut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Metode pemberian pakan
Teknik memberikannya pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari sebaiknya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek diatas 21 hari dapat disebar dilantai serta dikasihkan secara tak henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disiapkan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus terusan. dibawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Itik Jogja




Jual Bibit Itik Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar