Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini kian popular. permohonan pada daging bebek terus makin bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai waktu produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg mengarah pada daging.
warga umum biasanya menganggap sama pada itik dan bebek. walau sebenarnya ada dikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya gesit. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. Namun dalam ulasan kali ini, kita tidak memilah antara itik dan bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Dewasa ini udah ada bebek teristimewa pedaging dan bebek petelur. Namun sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur atau dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yg sangatlah spesifik dan tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan terus produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan satu diantaranya type bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada style bebek kalimantan beda yaitu bebek nunukan. tapi tidak begitu digemari banyak orang ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio lebih besar ketimbang bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon awalannya berupa bebek liar yang didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yg beragam. kekuatan bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek model ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek beragam jenis bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilakukan dengan langkah penggembalaan atau langkah kandang. ditengah bertambah sulitnya tempat penggembalaan, sekarang para peternak banyak yang berganti ke mode kandang. Telah banyak peternak yang memperlihatkan dengan metode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. dibawah ini berbagai hal yang perlu dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti udah disinggung awal kalinya, ada dua sistim ternak bebek yakni metode penggembalaan dan cara kandang. ke dua cara tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak digunakan oleh banyak peternak tradisional, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. Biasanya kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diproses jadi telur asin begitu baik.

tetapi cara ini belum pula semestinya dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat kian terbatasnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang sulit didapat, sistem ini bertambah tidak disukai banyak orang. di lain bidang, sistim budidaya dengan kandang sudah semakin maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. kwalitas telur yg dihasilkan dapat diatur dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah jenis kandang untuk ternak bebek, tersebut penjelasannya:

Kandang jenis pekarangan. Tipe kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, tetapi disediakan kandang untuk berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk buat berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berwujud tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang type baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang model baterai bisa di tempatkan di dalam atau luar tempat. Dengan tipe kandang battery, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Pilih model kandang
Tipe kandang seperti apakah yg pas buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada ingatan pembaca. Pemilihan model kandang begitu berkenaan dengan adanya sumber daya seperti, area, luas lahan, tenaga kerja serta modal. Berikut perihal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih model kandang.

kalau tempat yang tersedia cukup luas dapat diperhitungkan kandang model pekarangan. Kandang ini memerlukan area yang luas, tetapi investasi buat pembuatan kandang dapat didesak lantaran pekerjaan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai dipraktekkan pada terak bebek semi mendalam.
kalau area yang tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan model kandang terkurung atau type battery. Kandang tipe ini relatif tdk butuh tempat luas, akan tetapi ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini cocok untuk budidaya mendalam.
Pertimbangkan pula maksud ternak bebek. jika fokus pada produksi telur serta daging, mode tekurung serta baterai dapat dimanfaatkan. akan tetapi kalau bertujuan buat pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkanlah jenis pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan layanan kolam buat berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang optimal, semestinya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga langkah untuk mendapat bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg bisa di buktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini bisa dilaksanakan jika kita miliki bibit yang memiliki kualitas, dan juga memiliki layanan pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging butuh pakan yang bermutu. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat tergantung dengan model pakan yg diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, minimal ada tiga tipe pakan untuk masing-masing babak perkembangan. babak awal ditujukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower untuk umur 8-18 minggu dan tahap layer usia 18-27 minggu. Pakan fase awal minimal memiliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sedikitnya dan pas untuk pakan unggas. selanjutnya salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (prosen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Teknik memberikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berumur 21 hari sebaiknya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). sedang buat bebek di atas 21 hari dapat ditebar dilantai dan diberikan lewat cara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari baiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disediakan dalam wadah khsus dalam kandang dengan terus-terusan. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar