Kamis, 16 Mei 2019

Jual Dod Bebek Petelur Medan

Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jual Dod Bebek Petelur Medan - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini kian digemari banyak orang. Permintaan pada daging bebek senantiasa semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedangkan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen setelah waktu produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
Masyarakat umum kebanyakan memandang sama antara itik dan bebek. Padahal sebenarnya ada dikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya gesit. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lamban. tetapi dalam uraian kesempatan ini, kita tak membedakan pada itik dan bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Dod Bebek Petelur Medan

Jual Dod Bebek Petelur Medan


Dewasa ini telah tersedia bebek teristimewa pedaging dan bebek petelur. Namun pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tidak bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, serta terus produktif hingga usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan satu diantaranya model bebek yg banyak dibudidayakan. memang ada jenis bebek kalimantan lain ialah bebek nunukan. tetapi tdk begitu populer ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar ketimbang bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalannya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna badan yg bermacam. kapabilitas bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal selesai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek style ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek di atas, ada bebek berbagai jenis bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dijalankan dengan sistim penggembalaan atau sistim kandang. di dalam kian sulitnya area penggembalaan, kini banyak peternak banyak yang beralih ke sistem kandang. sudah banyak peternak yang perlihatkan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. dibawah ini beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti telah disinggung awal kalinya, ada dua cara ternak bebek ialah cara penggembalaan serta sistem kandang. Kedua sistim itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh beberapa peternak tradisional, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kwalitas telur yg dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. jika diolah menjadi telur asin benar-benar baik.

akan tetapi cara ini belumlah semestinya dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat kian kurangnya tempat dan tenaga kerja penggembala yang sulit diterima, cara ini semakin tak disukai banyak orang. di lain bagian, sistim budidaya dengan kandang telah makin maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memberikan produktivitas yang tidak kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa jenis kandang untuk ternak bebek, berikut pembicaraannya:

Kandang tipe pekarangan. type kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini miliki sifat terbuka, tetapi disediakan kandang untuk berteduh. Bila malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau tipe postal. berbentuk satu bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan beberapa sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang model battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. rata-rata dibikin dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang type baterei bisa di letakkan di dalam atau luar area. Dengan model kandang baterei, tidak disiapkan kolam buat berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Type kandang seperti apa yang cocok buat saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada ingatan pembaca. penentuan model kandang benar-benar berkaitan dengan tersedianya sumber daya seperti, area, luas tempat, tenaga kerja serta modal. selanjutnya soal yang butuh dipertimbangkan dalam pilih jenis kandang.

Bila area yang ada cukup luas bisa dipertimbangkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini butuh lahan yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan sebab pekerjaan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi intensif.
kalau lahan yg ada hanya terbatas, bisa dipertimbangkan model kandang terkurung atau model baterai. Kandang jenis ini relatif tidak butuh lahan luas, akan tetapi ongkos pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang tipe ini sesuai untuk budidaya intens.
pikirkan pula tujuan ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur dan daging, sistem tekurung dan baterai dapat dimanfaatkan. Tetapi kalau punya tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkan tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan sarana kolam buat berenang.
Memilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yg maksimal, baiknya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga langkah untuk dapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg bisa di buktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. soal ini dapat dilaksanakan jika kita punyai bibit yg memiliki kualitas, serta memiliki fasilitas pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat bergantung dengan tipe pakan yang dikasihkan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Ada dua tipe pakan ternak bebek, ialah pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau buat menghemat bisa diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, minimal ada tiga style pakan untuk masing-masing fase perkembangan. sesi awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower untuk umur 8-18 minggu dan babak layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sekurang-kurangnya mempunyai kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein minimal dan pas buat pakan unggas. tersebut satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Teknik pemberian pakan
Langkah memberikan pakan pada bebek yg baru netas sampai berusia 21 hari seharusnya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan buat bebek diatas 21 hari dapat disebar dilantai dan diberikan lewat cara tak henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari semestinya imbuhkan vitamin pad air minum. setelah itu air minum disiapkan dalam wadah khsus di dalam kandang lewat cara tiada henti. Berikut ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Dod Bebek Petelur Medan




Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar