Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini semakin popular. keinginan terhadap daging bebek senantiasa semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai waktu produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yg fokus pada daging.
warga umum umumnya menganggap sama pada itik serta bebek. walaupun sebenarnya terdapat dikit ketaksamaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol serta gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam penjelasan kali ini, kita tdk membedakan antara itik serta bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jaman sekarang udah tersedia bebek spesial pedaging dan bebek petelur. Namun sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur ataupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yg sangatlah spesifik serta tidak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, dan tetap produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satunya tipe bebek yg banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada style bebek kalimantan lain yakni bebek nunukan. akan tetapi tak begitu disukai banyak orang dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar ketimbang bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yg didomestikasi petani setempat buat dijinakan. bebek bali punyai warna badan yg beragam. kebolehan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa serta bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek model ini sesuai dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg menganggap menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek beragam tipe bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan cara penggembalaan atau cara kandang. Di tengah makin sulitnya area penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yang berubah ke skema kandang. sudah banyak peternak yang membuktikan dengan sistem kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. di bawah ini beberapa hal yang perlu jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Sistim budidaya
Seperti udah disinggung awal kalinya, ada dua sistim ternak bebek ialah langkah penggembalaan dan cara kandang. Kedua sistim tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh para peternak tradisional, perumpamaannya banyak peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. Biasanya kwalitas telur yg dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika diproses menjadi telur asin sangat baik.

Hanya saja langkah ini belum juga semestinya dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat makin minimnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang susah didapat, sistem ini semakin tak popular. di lain bidang, sistim budidaya dengan kandang sudah makin maju. sejumlah praktek ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yang tidak kalah baik. Kualitas telur yg dihasilkan bisa dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah tipe kandang untuk ternak bebek, berikut pembicaraannya:

Kandang type pekarangan. type kandang ini berwujud pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini berwujud terbuka, tetapi disajikan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditaruh beberapa fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. basic kandang bisa berupa tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang jenis battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditaruh dalam kotak yang terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur intens. Kandang jenis battery dapat ditempatkan dalam atau luar tempat. Dengan tipe kandang baterei, tak disediakan kolam untuk berenang.
b. Pilih jenis kandang
Tipe kandang seperti apa yang sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada pikiran pembaca. Pemilihan type kandang benar-benar terkait dengan ketersediaan sumber daya seperti, lokasi, luas area, tenaga kerja dan modal. selanjutnya hal yang butuh dipertimbangkan dalam memilih jenis kandang.

Bila area yang ada cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan lantaran aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diaplikasikan pada terak bebek semi intens.
apabila area yg ada hanya terbatas, dapat dipertimbangkan tipe kandang terkurung atau tipe baterei. Kandang type ini relatif tidak memerlukan tempat luas, tapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang type ini sesuai untuk budidaya intens.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. Bila konsentrasi pada produksi telur serta daging, skema tekurung dan battery dapat dimanfaatkan. namun kalau bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimum, semestinya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga cara untuk memperoleh bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini dapat dikerjakan apabila kita memiliki bibit yg bermutu, dan mempunyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dibuat tergantung dengan tipe pakan yang dikasihkan. di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Ada dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berupa keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga model pakan buat masing-masing sesi pertumbuhan. babak awal diperuntukkan buat bebek berumur 0-8 minggu, fase grower buat usia 8-18 minggu serta fase layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal semestinya miliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimal serta cocok buat pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (%) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Metode berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari sebaiknya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek di atas 21 hari dapat ditebar dilantai dan dikasihkan secara terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disediakan dalam wadah khsus dalam kandang dengan cara terus-terusan. dibawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar