Kamis, 16 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Harga Bibit Bebek Jogja - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang makin disukai banyak orang. Permintaan terhadap daging bebek selalu semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen setelah saat produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang mengarah pada daging.
penduduk umum biasanya memandang sama pada itik dan bebek. walaupun sebenarnya ada sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam review kesempatan ini, kita tak memilah antara itik serta bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Jaman sekarang telah ada bebek spesial pedaging dan bebek petelur. Namun sebenarnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yg sangat spesifik serta tak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam satu tahun bebek ini mampu bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, serta masih produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satunya type bebek yang banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada tipe bebek kalimantan lainnya ialah bebek nunukan. Namun tidak begitu populer ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar ketimbang bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berupa bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yg beragam. kapabilitas bertelurnya lebih dikit dibandingkan bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek type ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yg menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, terdapat bebek bermacam style bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dilakukan dengan metode penggembalaan atau cara kandang. ditengah semakin sulitnya tempat penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yang berubah ke metode kandang. udah banyak peternak yang tunjukkan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. dibawah ini berbagai hal yang wajib dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua metode ternak bebek yaitu sistem penggembalaan dan sistim kandang. ke dua langkah tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistem penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh para peternak tradisionil, contoh-contohnya banyak peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. kebanyakan kualitas telur yg dibuat dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika di proses jadi telur asin sangatlah baik.

Hanya saja cara ini belum pula pasti dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat semakin terbatasnya lahan dan tenaga kerja penggembala yang sukar diperoleh, sistim ini kian tak digemari banyak orang. di lain bagian, metode budidaya dengan kandang telah semakin maju. sejumlah praktik ternak bebek dalam kandang membuktikan produktivitas yg tdk kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yg tepat. ada sejumlah tipe kandang buat ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang tipe pekarangan. type kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berbentuk terbuka, akan tetapi disiapkan kandang untuk berteduh. Bila malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di letakkan pelbagai sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. basic kandang dapat berbentuk tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang model baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. umumnya dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur intens. Kandang tipe baterei bisa ditaruh di dalam atau luar area. Dengan jenis kandang battery, tdk disediakan kolam untuk berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Model kandang seperti apa yang pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada akal pembaca. Pemilihan model kandang amat berkaitan dengan terdapatnya sumber daya seperti, lokasi, luas lahan, tenaga kerja serta modal. selanjutnya hal yang butuh dipertimbangkan dalam pilih model kandang.

jika area yang ada cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yang luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak karena aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi intens.
kalau tempat yang tersedia terbatas, dapat diperhitungkan jenis kandang terkurung atau jenis battery. Kandang type ini relatif tak memerlukan lahan luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang jenis ini pas buat budidaya mendalam.
Pertimbangkan pula tujuan ternak bebek. jika fokus pada produksi telur serta daging, mode tekurung dan baterei bisa dimanfaatkan. namun apabila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkan type pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yang optimal, baiknya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga metode untuk memperoleh bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kwalitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini bisa dijalankan apabila kita miliki bibit yg memiliki kualitas, dan miliki layanan pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang bermutu. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dibuat terkait dengan jenis pakan yang dikasihkan. Berikut ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Model pakan
Terdapat dua tipe pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau buat menghemat dapat diramu sendiri.

apabila kita beli pakan dari pabrik, semestinya terdapat tiga type pakan buat masing-masing fase perkembangan. sesi awal ditujukan untuk bebek berumur 0-8 minggu, fase grower untuk usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal setidaknya memiliki kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein minimal serta cocok untuk pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (persen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Teknik pemberian pakan
Langkah memberi pakan pada bebek yg baru netas sampai berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa ditebar dilantai serta diberikan secara tiada henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari semestinya tambahkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang dengan cara terus menerus. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Jogja




Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar