Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang makin populer. Permintaan terhadap daging bebek senantiasa semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sehabis jaman produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
warga umum kebanyakan merasa sama pada itik serta bebek. meski sebenarnya terdapat sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik miliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. tapi dalam uraian kali ini, kita tak memperbedakan antara itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jaman sekarang sudah ada bebek khusus pedaging dan bebek petelur. tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sangat spesifik serta tdk bisa disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Tahu jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satunya type bebek yg banyak dibudidayakan. memang ada model bebek kalimantan beda yakni bebek nunukan. Namun tidak begitu digemari banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani ditempat buat dijinakan. bebek bali punyai warna tubuh yang beraneka. kekuatan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, lebih kurang 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal selesai berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek model ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, ada bebek pelbagai type bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan langkah penggembalaan atau sistem kandang. di dalam bertambah sulitnya area penggembalaan, sekarang para peternak banyak yang beralih ke skema kandang. Telah banyak peternak yg menyatakan dengan skema kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Berikut ini berbagai hal yang penting diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua langkah ternak bebek yakni sistem penggembalaan serta langkah kandang. Kedua sistem tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak digunakan oleh beberapa peternak tradisionil, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran buat pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. Biasanya kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses menjadi telur asin benar-benar baik.

tetapi cara ini belumlah tentu bisa ditempatkan di semua tempat. Mengingat makin terbatasnya lahan serta tenaga kerja penggembala yang sukar didapat, sistem ini bertambah tdk disukai banyak orang. Di sisi lain, cara budidaya dengan kandang udah makin maju. Beberapa praktek ternak bebek dalam kandang perlihatkan produktivitas yg tidak kalah baik. kwalitas telur yg dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. ada sejumlah jenis kandang untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:

Kandang model pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini bersifat terbuka, tetapi disediakan kandang untuk berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk satu bangunan besar yg mimiliki atap dan dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang dapat berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang tipe baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yg terpisah. Biasanya dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang tipe battery bisa ditempatkan di atau luar ruangan. Dengan tipe kandang baterei, tidak disajikan kolam buat berenang.
b. Menentukan model kandang
Jenis kandang seperti apa yang sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di benak pembaca. penentuan jenis kandang begitu sehubungan dengan tersedianya sumber daya seperti, area, luas tempat, tenaga kerja dan modal. selanjutnya hal yg butuh dipertimbangkan dalam menentukan jenis kandang.

apabila area yg ada cukup luas dapat dipertimbangkan kandang model pekarangan. Kandang ini butuh area yang luas, akan tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan lantaran kesibukan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan sesuai ditempatkan pada terak bebek semi mendalam.
kalau lahan yg ada hanya terbatas, dapat diperhitungkan type kandang terkurung atau tipe baterei. Kandang model ini relatif tidak memerlukan tempat luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang tipe ini cocok untuk budidaya intens.
pikirkan pula tujuan ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur serta daging, metode tekurung serta baterai dapat dimanfaatkan. namun apabila memiliki tujuan buat pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan fasilitas kolam buat berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga trik buat mendapatkan bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yg terbukti kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini dapat dilakukan apabila kita memiliki bibit yg berkualitas, serta punyai layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan bergantung dengan style pakan yang dikasihkan. di bawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, setidaknya ada tiga jenis pakan untuk masing-masing tahap pertumbuhan. sesi awal ditujukan buat bebek berumur 0-8 minggu, tahap grower untuk umur 8-18 minggu serta babak layer umur 18-27 minggu. Pakan tahap awal semestinya punyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sekurang-kurangnya serta sesuai untuk pakan unggas. Berikut salah satunya contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Trik berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari sebaiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). sedang buat bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan dengan tiada henti. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya tambahkan vitamin pad air minum. Selanjutnya air minum disajikan dalam wadah khsus di dalam kandang dengan cara tak henti. di bawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar