Jumat, 24 Mei 2019

Jual Bibit Itik Master

Jual Bibit Itik Master


Jual Bibit Itik Master - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang kian digemari banyak orang. keinginan pada daging bebek terus semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah saat produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang fokus pada daging.
penduduk umum biasanya menganggap sama antara itik serta bebek. walau sebenarnya terdapat sedikit ketidaksamaan antara itik dengan bebek. Itik memiliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya tangkas. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. akan tetapi dalam penjelasan kali ini, kita tdk mengetahui antara itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Itik Master


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Itik Master

Jual Bibit Itik Master


Saat ini udah tersedia bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. tapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik serta tak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa merupakan bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam setahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan tetap produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga di kenal dengan nama alabio adalah salah satu jenis bebek yg banyak dibudidayakan. sebetulnya ada tipe bebek kalimantan berbeda ialah bebek nunukan. tetapi tdk begitu disukai banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali punyai warna tubuh yang beragam. kebolehan bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, seputar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek model ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang memandang jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek di atas, ada bebek bermacam style bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dijalankan dengan sistem penggembalaan atau langkah kandang. di dalam semakin sulitnya lahan penggembalaan, kini beberapa peternak banyak yang berpindah ke metode kandang. Telah banyak peternak yg perlihatkan dengan metode kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. Berikut ini beberapa hal yang penting diperhatikan dalam upaya ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua sistem ternak bebek yakni cara penggembalaan serta langkah kandang. Kedua langkah tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak diperlukan oleh para peternak tradisional, contohnya banyak peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. umumnya kualitas telur yg dihasilkan dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. kalau diproses berubah menjadi telur asin sangatlah baik.

akan tetapi cara ini belumlah tentu dapat ditempatkan di semua tempat. Mengingat bertambah terbatasnya area dan tenaga kerja penggembala yg susah diperoleh, cara ini semakin tidak populer. di lain bagian, langkah budidaya dengan kandang udah bertambah maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang membuktikan produktivitas yang tidak kalah baik. kualitas telur yg dihasilkan dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa tipe kandang buat ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. Tipe kandang ini berupa pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini bersifat terbuka, tapi disediakan kandang untuk berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau model postal. berwujud sebuah bangunan besar yg mimiliki atap dan dinding. Dinding rata-rata terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan beberapa layanan seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang type baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yg terpisah. rata-rata dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang jenis battery bisa ditempatkan di atau luar ruangan. Dengan type kandang baterai, tak disiapkan kolam buat berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Type kandang seperti apakah yg sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada akal pembaca. Pemilihan jenis kandang amat berkenaan dengan adanya sumber daya seperti, area, luas area, tenaga kerja dan modal. selanjutnya perihal yang perlu diperhitungkan dalam pilih tipe kandang.

kalau lahan yang tersedia cukuplah luas bisa diperhitungkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini membutuhkan tempat yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan lantaran aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diterapkan pada terak bebek semi intens.
kalau lahan yang tersedia hanya terbatas, bisa diperhitungkan type kandang terkurung atau jenis baterai. Kandang tipe ini relatif tidak memerlukan area luas, namun cost pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang tipe ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkan pula arah ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur serta daging, sistem tekurung dan baterai bisa digunakan. namun apabila bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimum, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga cara untuk mendapatkan bibit bebek, yaitu:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini bisa dilakukan bila kita punyai bibit yang memiliki kualitas, serta miliki layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak berbeda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dihasilkan tergantung dengan jenis pakan yang diberikan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Terdapat dua tipe pakan ternak bebek, yakni pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berupa keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya terdapat tiga style pakan untuk masing-masing babak perkembangan. babak awal ditujukan buat bebek berusia 0-8 minggu, babak grower untuk usia 8-18 minggu dan tahap layer umur 18-27 minggu. Pakan babak awal setidaknya miliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan tahap layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein minimum dan pas untuk pakan unggas. tersebut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (persen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Langkah memberi pakan pada bebek yg baru netas hingga berusia 21 hari semestinya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). sedang buat bebek di atas 21 hari dapat disebar dilantai serta diberikan dengan terus terusan. demikian pula dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari semestinya tambahkan vitamin pad air minum. lalu air minum disajikan dalam wadah khsus dalam kandang secara terus-terusan. dibawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Itik Master




Jual Bibit Itik Master


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar