Selasa, 21 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Petelur 2017

Harga Bibit Bebek Petelur 2017


Harga Bibit Bebek Petelur 2017 - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini makin popular. permohonan pada daging bebek selalu bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, sedang daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sesudah waktu produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang mengarah pada daging.
penduduk umum rata-rata memandang sama pada itik serta bebek. Padahal sebenarnya terdapat sedikit perbedaan antara itik dengan bebek. Itik miliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. tetapi dalam ulasan kesempatan ini, kita tdk membedakan antara itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Petelur 2017


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Petelur 2017

Harga Bibit Bebek Petelur 2017


Saat ini sudah ada bebek teristimewa pedaging dan bebek petelur. tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik serta tidak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini bisa bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, serta konsisten produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio merupakan salah satunya model bebek yang banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada style bebek kalimantan lainnya ialah bebek nunukan. tapi tidak demikian disukai banyak orang dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna badan yg beragam. kebolehan bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa serta bebek alabio, seputar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sehabis berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda serta Belgia. bebek type ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang menganggap menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek di atas, ada bebek pelbagai type bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilaksanakan dengan langkah penggembalaan atau sistim kandang. Di tengah kian sulitnya area penggembalaan, saat ini banyak peternak banyak yang berpindah ke skema kandang. Telah banyak peternak yang menyatakan dengan skema kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. di bawah ini berbagai hal yang wajib dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti sudah disinggung awal mulanya, terdapat dua sistem ternak bebek yakni cara penggembalaan dan metode kandang. Kedua cara itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh banyak peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan sistem penggembalaan pengeluaran buat pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yg ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain-lain. Biasanya kualitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. Bila diolah berubah menjadi telur asin begitu baik.

akan tetapi metode ini belum semestinya dapat dipraktekkan di semua tempat. Mengingat kian minimnya lahan serta tenaga kerja penggembala yg sulit diterima, sistim ini kian tdk populer. di lain bagian, cara budidaya dengan kandang udah semakin maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. kwalitas telur yang dihasilkan dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yg tepat. ada banyak jenis kandang buat ternak bebek, selanjutnya penjelasannya:

Kandang model pekarangan. model kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini miliki sifat terbuka, tapi disediakan kandang untuk berteduh. Bila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding rata-rata terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang bisa berupa tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang jenis baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditaruh dalam kotak yang terpisah. rata-rata dibuat dari kisi-kisi bambu, sama dengan budidaya ayam petelur intensif. Kandang jenis battery dapat diletakkan di atau luar area. Dengan model kandang baterai, tak disajikan kolam buat berenang.
b. Memilih tipe kandang
Jenis kandang seperti apa yg sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada benak pembaca. penentuan type kandang begitu terkait dengan terdapatnya sumber daya seperti, area, luas tempat, tenaga kerja dan modal. Berikut soal yang butuh dipertimbangkan dalam memilih jenis kandang.

kalau area yang ada cukuplah luas dapat diperhitungkan kandang model pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, tapi investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan sebab kegiatan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas ditempatkan pada terak bebek semi intensif.
kalau area yang ada terbatas, dapat dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau tipe baterei. Kandang type ini relatif tidak membutuhkan area luas, akan tetapi ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang tipe ini sesuai untuk budidaya intensif.
pikirkan juga tujuan ternak bebek. apabila konsentrasi pada produksi telur serta daging, metode tekurung serta baterei dapat dimanfaatkan. akan tetapi kalau bertujuan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pikirkanlah type pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disajikan sarana kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yang maksimal, baiknya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga trik untuk mendapat bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. Hal ini bisa dilakukan kalau kita punyai bibit yang berkualitas, serta mempunyai layanan pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak beda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang berkualitas. Pada bebek petelur, mutu telur yang dibuat tergantung dengan type pakan yg diberikan. di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berwujud keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

jika kita membeli pakan dari pabrik, setidaknya ada tiga type pakan buat masing-masing babak perkembangan. tahap awal ditujukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, tahap grower buat umur 8-18 minggu dan tahap layer usia 18-27 minggu. Pakan babak awal setidaknya mempunyai kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein sedikitnya dan sesuai untuk pakan unggas. selanjutnya salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Metode pemberian pakan
Metode memberi pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari sebaiknya disiapkan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek di atas 21 hari bisa ditebar dilantai serta dikasihkan dengan cara terus-terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya imbuhkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disediakan dalam wadah khsus di kandang secara terus menerus. Berikut ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Petelur 2017




Harga Bibit Bebek Petelur 2017


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar