Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi CS kami Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini makin populer. Permintaan pada daging bebek senantiasa semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen setelah masa produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang berorientasi pada daging.
orang umum biasanya menganggap sama antara itik dan bebek. meskipun sebenarnya terdapat sedikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik miliki ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya gesit. dan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lamban. Namun dalam ulasan kali ini, kita tdk memilah antara itik dan bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Dewasa ini udah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. tapi sebetulnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur atau dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, serta terus produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio adalah salah satu style bebek yg banyak dibudidayakan. sebetulnya ada type bebek kalimantan berbeda yaitu bebek nunukan. akan tetapi tidak demikian disukai banyak orang dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. Kemampuan bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berbentuk bebek liar yg didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna badan yang bermacam. kapabilitas bertelurnya lebih dikit dibanding bebek jawa serta bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sehabis berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang memandang sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, terdapat bebek beberapa model bebek pedaging. Atau biasa juga dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dikerjakan dengan metode penggembalaan atau sistem kandang. ditengah kian sulitnya tempat penggembalaan, saat ini beberapa peternak banyak yang berubah ke skema kandang. sudah banyak peternak yg menunjukkan dengan skema kandang, budidaya bebek masih produktif bertelur. Berikut ini berbagai hal yang penting jadi perhatian dalam usaha ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti sudah disinggung sebelumnya, terdapat dua langkah ternak bebek yaitu sistem penggembalaan serta langkah kandang. Kedua metode itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak digunakan oleh beberapa peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. kebanyakan kualitas telur yang dihasilkan dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. jika di proses menjadi telur asin begitu baik.

akan tetapi langkah ini belum pula pasti dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah terbatasnya area dan tenaga kerja penggembala yg susah diterima, langkah ini bertambah tidak disukai banyak orang. di lain bagian, cara budidaya dengan kandang udah bertambah maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yang tidak kalah baik. kualitas telur yang dihasilkan dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yang tepat. ada banyak tipe kandang untuk ternak bebek, tersebut penjelasannya:

Kandang model pekarangan. Tipe kandang ini berbentuk pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini bersifat terbuka, akan tetapi disajikan kandang buat berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa sebuah bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau kalaupun memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang dapat berwujud tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang type battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yg terpisah. rata-rata dibikin dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang type baterai bisa ditempatkan di dalam atau luar ruangan. Dengan type kandang battery, tidak disiapkan kolam untuk berenang.
b. Memilih tipe kandang
Type kandang seperti apakah yang cocok buat saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada ingatan pembaca. penentuan model kandang amat berkaitan dengan ketersediaan sumber daya seperti, lokasi, luas tempat, tenaga kerja dan modal. selanjutnya soal yang butuh diperhitungkan dalam menentukan model kandang.

apabila area yg ada cukup luas dapat diperhitungkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini memerlukan area yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan sebab kesibukan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diaplikasikan pada terak bebek semi intensif.
Bila lahan yang tersedia hanya terbatas, dapat diperhitungkan tipe kandang terkurung atau model baterei. Kandang jenis ini relatif tak memerlukan area luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini pas untuk budidaya sungguh-sungguh.
pikirkan juga arah ternak bebek. apabila konsentrasi pada produksi telur serta daging, sistem tekurung dan baterai dapat dipakai. Tetapi bila memiliki tujuan buat pembibitan/reproduksi, seharusnya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan layanan kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yg optimal, baiknya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga trik untuk dapatkan bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. soal ini bisa dijalankan bila kita mempunyai bibit yang berkualitas, dan juga punyai layanan pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging butuh pakan yg memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dibuat terkait dengan type pakan yg diberikan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Terdapat dua jenis pakan ternak bebek, yaitu pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk mengirit bisa diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, sedikitnya ada tiga tipe pakan untuk masing-masing babak perkembangan. babak awal diperuntukan buat bebek berusia 0-8 minggu, tahap grower buat umur 8-18 minggu serta babak layer umur 18-27 minggu. Pakan sesi awal sedikitnya mempunyai kandungan protein 20-22%, babak grower 17-19% serta sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut memenuhi kandungan protein sekurang-kurangnya dan cocok untuk pakan unggas. Berikut salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Teknik memberikannya pakan pada bebek yg baru netas hingga berusia 21 hari baiknya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek di atas 21 hari dapat ditebar dilantai serta dikasihkan secara terus-terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam kandang dengan tiada henti. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar