Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Depok

Jual Bibit Bebek Depok


Jual Bibit Bebek Depok - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini makin populer. permohonan pada daging bebek senantiasa makin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, dan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen sehabis periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
penduduk umum kebanyakan menganggap sama pada itik dan bebek. Padahal sebenarnya ada sedikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol dan gerakannya lincah. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. Namun dalam penjelasan kali ini, kita tidak mengetahui pada itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Depok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Depok

Jual Bibit Bebek Depok


Dewasa ini sudah tersedia bebek privat pedaging dan bebek petelur. tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik serta tak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada umur 5-6 bulan, dan terus produktif sampai usia 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah satu diantaranya style bebek yg banyak dibudidayakan. sebetulnya ada style bebek kalimantan berbeda ialah bebek nunukan. akan tetapi tdk demikian populer ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini sekitar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalannya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani ditempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna badan yang beraneka. kekuatan bertelurnya lebih dikit dibandingkan bebek jawa dan bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal selesai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek jenis ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yg merasa sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek bermacam tipe bebek pedaging. Atau biasa ikut disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dikerjakan dengan langkah penggembalaan atau sistim kandang. ditengah semakin sulitnya area penggembalaan, saat ini para peternak banyak yang beralih ke skema kandang. sudah banyak peternak yang perlihatkan dengan sistem kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang harus jadi perhatian dalam upaya ternak bebek.

a. Sistem budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, terdapat dua metode ternak bebek ialah sistem penggembalaan dan metode kandang. ke dua sistim tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistem penggembalaan banyak dipakai oleh beberapa peternak tradisional, misalnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan mode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. kebanyakan kualitas telur yang dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diproses jadi telur asin amat baik.

akan tetapi cara ini belum pula pasti dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat bertambah minimnya area dan tenaga kerja penggembala yang sukar diterima, cara ini bertambah tdk popular. di lain sisi, sistim budidaya dengan kandang sudah kian maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. Kualitas telur yg dibuat dapat dikendalikan dengan pemberian pakan yg pas. Terdapat beberapa model kandang buat ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang tipe pekarangan. Tipe kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini berwujud terbuka, tetapi disediakan kandang buat berteduh. apabila malam datang atau hujan, bebek bisa masuk buat berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa sebuah bangunan besar yg mimiliki atap serta dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditaruh bermacam fasilitas seperti tempat pakan, minum atau kalau sangat mungkin kolam berenang. basic kandang bisa berbentuk tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang tipe battery. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intens. Kandang tipe baterei dapat ditempatkan di atau luar ruang. Dengan model kandang baterai, tak disajikan kolam buat berenang.
b. Memilih model kandang
Type kandang seperti apakah yang pas untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg berada pada benak pembaca. Pemilihan jenis kandang begitu berkaitan dengan terdapatnya sumber daya seperti, lokasi, luas area, tenaga kerja dan modal. tersebut hal yang butuh dipertimbangkan dalam memilih tipe kandang.

Bila tempat yang ada cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini butuh tempat yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang dapat didesak sebab aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok dipraktekkan pada terak bebek semi intens.
kalau tempat yg tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan type kandang terkurung atau type baterai. Kandang type ini relatif tak membutuhkan lahan luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang tipe ini cocok untuk budidaya intens.
pikirkanlah pula maksud ternak bebek. jika fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung dan baterei bisa dimanfaatkan. akan tetapi bila memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkanlah tipe pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan layanan kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yg maksimal, baiknya muai dengan pilih bibit yg baik. Ada tiga teknik untuk dapatkan bibit bebek, yaitu:

beli telur tetas dari induk bebek yang bisa di buktikan kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. perihal ini dapat dikerjakan apabila kita miliki bibit yg bermutu, serta mempunyai sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dihasilkan terkait dengan type pakan yang diberikan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Jenis pakan
Terdapat dua type pakan ternak bebek, yakni pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

Bila kita beli pakan dari pabrik, semestinya ada tiga model pakan buat masing-masing babak perkembangan. babak awal diperuntukkan buat bebek berumur 0-8 minggu, babak grower untuk usia 8-18 minggu dan sesi layer usia 18-27 minggu. Pakan sesi awal sekurang-kurangnya miliki kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% serta babak layer 15-17%.

Pakan konsentrat bisa diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein sekurang-kurangnya serta cocok untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (persen) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Trik memberi pakan pada bebek yang baru netas hingga berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). dan untuk bebek diatas 21 hari bisa ditebar dilantai dan diberikan lewat cara tiada henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari seharusnya tambahkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disiapkan dalam wadah khsus di kandang dengan tak henti. di bawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Depok




Jual Bibit Bebek Depok


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar