Kamis, 16 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Harga Bibit Bebek Jogja - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini semakin popular. Permintaan pada daging bebek selalu bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai periode produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yg mengarah pada daging.
penduduk umum rata-rata merasa sama antara itik serta bebek. meskipun sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik miliki ciri badan lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya gesit. Sedangkan bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. tapi dalam penjelasan kesempatan ini, kita tidak membedakan antara itik serta bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Jogja

Harga Bibit Bebek Jogja


Dewasa ini telah ada bebek khusus pedaging serta bebek petelur. Namun sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. tidak seperti ternak ayam yang sudah benar-benar spesifik serta tdk bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa adalah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Sebagai bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada umur 5-6 bulan, dan terus produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah satu diantaranya type bebek yang banyak dibudidayakan. sebetulnya ada type bebek kalimantan beda yaitu bebek nunukan. akan tetapi tidak demikian popular dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yg bermacam. Kemampuan bertelurnya lebih sedikit dibandingkan bebek jawa dan bebek alabio, kira-kira 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal selesai berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek tipe ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang memandang jadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain jenis-jenis bebek di atas, terdapat bebek beragam tipe bebek pedaging. Atau biasa juga disebut bebek, yakni bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dijalankan dengan cara penggembalaan atau sistem kandang. ditengah semakin sulitnya area penggembalaan, kini banyak peternak banyak yang berubah ke sistem kandang. sudah banyak peternak yang membuktikan dengan metode kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. Berikut ini berbagai perihal yang penting dilihat dalam upaya ternak bebek.

a. Langkah budidaya
Seperti udah disinggung awal mulanya, ada dua sistem ternak bebek yakni sistim penggembalaan dan sistem kandang. ke dua sistem itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. cara penggembalaan banyak difungsikan oleh para peternak tradisionil, perumpamaannya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang berada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan seterusnya. Biasanya kualitas telur yang dibuat dengan skema penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila di proses jadi telur asin sangatlah baik.

Hanya saja metode ini belumlah semestinya dapat diaplikasikan di semua tempat. Mengingat bertambah minimnya area serta tenaga kerja penggembala yang sulit didapat, sistem ini kian tidak digemari banyak orang. Di sisi lain, sistem budidaya dengan kandang udah kian maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang perlihatkan produktivitas yang tdk kalah baik. kualitas telur yang dihasilkan dapat diatur dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa type kandang buat ternak bebek, tersebut pembicaraannya:

Kandang model pekarangan. Tipe kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek beraktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berbentuk terbuka, namun disajikan kandang buat berteduh. apabila malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau model postal. berwujud suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan bermacam layanan seperti tempat pakan, minum atau kalaupun sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berwujud tanah atau semen yang diberi sekam padi.
Kandang model baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditempatkan dalam kotak yang terpisah. Biasanya dibuat dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang jenis baterei dapat di letakkan di dalam atau luar area. Dengan jenis kandang baterei, tak disiapkan kolam buat berenang.
b. Memilih jenis kandang
Jenis kandang seperti apakah yg cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di akal pembaca. Pemilihan model kandang amat terkait dengan ketersediaan sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. Berikut hal yg perlu dipertimbangkan dalam memilih tipe kandang.

kalau area yang ada cukuplah luas dapat diperhitungkan kandang type pekarangan. Kandang ini butuh lahan yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang bisa didesak sebab aktivitas bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok ditempatkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
apabila lahan yg ada terbatas, bisa dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau model baterai. Kandang tipe ini relatif tdk memerlukan area luas, tetapi ongkos pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type ini cocok untuk budidaya mendalam.
pikirkan pula tujuan ternak bebek. kalau fokus pada produksi telur serta daging, skema tekurung serta baterai dapat dimanfaatkan. akan tetapi bila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, semestinya pikirkanlah jenis pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disajikan fasilitas kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang optimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga cara untuk mendapat bibit bebek, ialah:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat di buktikan kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini bisa dikerjakan apabila kita memiliki bibit yg berkualitas, serta memiliki layanan pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging perlu pakan yg bermutu. Pada bebek petelur, mutu telur yang dihasilkan terkait dengan model pakan yg diberikan. dibawah ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Style pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, yakni pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berupa keong dan kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga type pakan untuk masing-masing tahap pertumbuhan. Fase awal diperuntukkan bagi bebek berusia 0-8 minggu, fase grower untuk umur 8-18 minggu serta tahap layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sedikitnya miliki kandungan protein 20-22%, babak grower 17-19% serta sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein sekurang-kurangnya serta sesuai untuk pakan unggas. Berikut salah satu contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Metode berikan pakan pada bebek yang baru netas sampai berusia 21 hari semestinya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai dan diberikan dengan tiada henti. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disiapkan dalam wadah khsus dalam kandang secara tiada henti. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Jogja




Harga Bibit Bebek Jogja


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar