Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang bertambah disukai banyak orang. keinginan terhadap daging bebek selalu bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedang daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai waktu produktifitas bertelurnya habis. Sekarang banyak ternak bebek yg berorientasi pada daging.
orang umum rata-rata memandang sama antara itik dan bebek. meskipun sebenarnya ada sedikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya tangkas. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal dan gerakannya lambat. Namun dalam ulasan kesempatan ini, kita tidak mengetahui pada itik dan bebek, mengingat secara umum proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Saat ini sudah ada bebek teristimewa pedaging serta bebek petelur. tetapi pada kenyataannya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur maupun dagingnya. tdk seperti ternak ayam yang sudah spesifik dan tidak dapat disamakan antara budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam setahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek mulai bisa bertelur pada usia 5-6 bulan, serta konsisten produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah salah satunya jenis bebek yg banyak dibudidayakan. sesungguhnya ada type bebek kalimantan lainnya yakni bebek nunukan. akan tetapi tdk demikian populer dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya semakin besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. potensi bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon awalnya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani ditempat buat dijinakan. bebek bali punyai warna badan yg beraneka. kekuatan bertelurnya lebih dikit ketimbang bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek tipe ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang merasa menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Selain beberapa jenis bebek di atas, terdapat bebek berbagai type bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dikerjakan dengan metode penggembalaan atau sistim kandang. Di tengah bertambah sulitnya lahan penggembalaan, kini beberapa peternak banyak yang berubah ke sistem kandang. Telah banyak peternak yang menyatakan dengan metode kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. Berikut ini banyak hal yang harus jadi perhatian dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti telah disinggung awal kalinya, ada dua cara ternak bebek yaitu sistim penggembalaan dan sistim kandang. ke-2 cara tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. sistim penggembalaan banyak digunakan oleh para peternak tradisionil, contohnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan skema penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. umumnya kualitas telur yg dihasilkan dengan sistem penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya sempurna. Bila diolah jadi telur asin amat baik.

akan tetapi sistim ini belum pula semestinya bisa diaplikasikan di semua tempat. Mengingat semakin minimnya area serta tenaga kerja penggembala yang sukar diperoleh, sistem ini semakin tidak popular. di lain bagian, sistem budidaya dengan kandang udah semakin maju. Beberapa praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yang tidak kalah baik. kualitas telur yang dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang pas. terdapat sejumlah type kandang buat ternak bebek, tersebut penuturannya:

Kandang type pekarangan. jenis kandang ini berbentuk pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek mengerjakan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, akan tetapi disajikan kandang untuk berteduh. apabila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau model postal. berwujud sebuah bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau kalaupun sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang bisa berbentuk tanah atau semen yg diberi sekam padi.
Kandang type baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibuat dari kisi-kisi bambu, serupa pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang tipe baterai bisa di letakkan di atau luar ruangan. Dengan model kandang battery, tdk disiapkan kolam untuk berenang.
b. Menentukan model kandang
Jenis kandang seperti apa yang sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yg ada di ingatan pembaca. penentuan model kandang sangat berkaitan dengan adanya sumber daya seperti, tempat, luas lahan, tenaga kerja serta modal. tersebut hal yang butuh dipertimbangkan dalam pilih tipe kandang.

Bila lahan yg tersedia cukuplah luas dapat diperhitungkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini membutuhkan area yg luas, namun investasi buat pembuatan kandang dapat didesak sebab pekerjaan bebek dapat dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi mendalam.
kalau lahan yang tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan type kandang terkurung atau jenis baterei. Kandang tipe ini relatif tidak membutuhkan tempat luas, namun cost pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang tipe ini cocok buat budidaya intensif.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur serta daging, metode tekurung serta baterei dapat dipakai. namun kalau mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, seharusnya pertimbangkan model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
buat hasil ternak bebek yang maksimal, semestinya muai dengan memilih bibit yg baik. Ada tiga cara untuk memperoleh bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas dari induk bebek yg dapat dibuktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal ini dapat dilaksanakan kalau kita miliki bibit yg berkualitas, serta mempunyai layanan pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik buat tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yg memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dihasilkan bergantung dengan jenis pakan yang dikasihkan. dibawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong serta kepaa udang. sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau buat mengirit bisa diramu sendiri.

jika kita beli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga style pakan buat semasing fase perkembangan. babak awal ditujukan buat bebek berumur 0-8 minggu, babak grower untuk usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan sesi awal minimal punyai kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein minimum serta cocok untuk pakan unggas. tersebut salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (%) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Cara pemberian pakan
Metode memberikan pakan pada bebek yg baru netas sampai berumur 21 hari sebaiknya disajikan dalam baki pakan (tray feeder). dan buat bebek diatas 21 hari dapat disebar dilantai dan dikasihkan dengan cara tiada henti. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari sebaiknya imbuhkan vitamin pad air minum. setelah itu air minum disediakan dalam wadah khsus di dalam kandang secara tak henti. dibawah ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gr)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar