Kamis, 16 Mei 2019

Jual Dod Bebek Petelur Medan

Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jual Dod Bebek Petelur Medan - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini bertambah popular. keinginan terhadap daging bebek terus semakin bertambah. dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedangkan daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen sehabis waktu produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.
orang umum kebanyakan menganggap sama pada itik dan bebek. Padahal sebenarnya terdapat sedikit ketaksamaan antara itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya menyerupai botol dan gerakannya tangkas. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. tetapi dalam review kesempatan ini, kita tdk membedakan pada itik dan bebek, mengingat untuk beberapa umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Dod Bebek Petelur Medan

Jual Dod Bebek Petelur Medan


Saat ini telah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yang sudah sangat spesifik dan tidak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengenal beberapa jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam setahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, dan masih produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio merupakan salah satunya tipe bebek yang banyak dibudidayakan. Sebenarnya ada tipe bebek kalimantan lainnya yakni bebek nunukan. tetapi tdk begitu populer dibandingkan bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu pada sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibanding bebek Jawa. kebolehan bertelur bebek ini berkisar 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sama dengan namanya bebek ini berasal dari Bali. Konon sebelumnya berupa bebek liar yg didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang bermacam. potensi bertelurnya lebih sedikit ketimbang bebek jawa serta bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sehabis berumur 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner berasal dari Belanda dan Belgia. bebek style ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. bahkan juga banyak yang menganggap jadi bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek beberapa jenis bebek pedaging. Atau biasa pun disebut bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek dapat dikerjakan dengan cara penggembalaan atau sistem kandang. Di tengah semakin sulitnya area penggembalaan, saat ini beberapa peternak banyak yg berpindah ke sistem kandang. Telah banyak peternak yang memperlihatkan dengan skema kandang, budidaya bebek tetap produktif bertelur. dibawah ini berbagai perihal yang perlu diperhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya
Seperti telah disinggung awal mulanya, ada dua sistem ternak bebek ialah langkah penggembalaan dan metode kandang. ke-2 langkah tersebut memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Metode penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh beberapa peternak tradisional, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yg berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. kebanyakan kualitas telur yang dihasilkan dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. jika diproses berubah menjadi telur asin benar-benar baik.

tetapi cara ini belumlah pasti bisa diterapkan di semua tempat. Mengingat bertambah kurangnya area dan tenaga kerja penggembala yang sulit diterima, sistem ini makin tak digemari banyak orang. Di sisi lain, sistim budidaya dengan kandang udah bertambah maju. Beberapa praktik ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yang tdk kalah baik. kwalitas telur yg dihasilkan bisa dikontrol dengan pemberian pakan yang pas. Terdapat beberapa model kandang buat ternak bebek, berikut pembicaraannya:

Kandang type pekarangan. jenis kandang ini berupa pekarangan yg sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan tersebut . Kandang ini punya sifat terbuka, tetapi disajikan kandang buat berteduh. kalau malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. berbentuk sebuah bangunan besar yang mimiliki atap dan dinding. Dinding biasanya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan bermacam sarana seperti tempat pakan, minum atau kalau memungkinkan kolam berenang. Dasar kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang jenis baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek ditaruh dalam kotak yang terpisah. kebanyakan dibuat dari kisi-kisi bambu, sama dengan budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang model battery bisa ditempatkan di dalam atau luar area. Dengan tipe kandang baterei, tdk disajikan kolam untuk berenang.
b. Memilih model kandang
Type kandang seperti apakah yang sesuai untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada pada benak pembaca. penentuan jenis kandang sangatlah terkait dengan tersedianya sumber daya seperti, lokasi, luas lahan, tenaga kerja serta modal. selanjutnya hal yg butuh diperhitungkan dalam pilih model kandang.

apabila lahan yang tersedia cukup luas bisa dipertimbangkan kandang jenis pekarangan. Kandang ini butuh area yg luas, namun investasi untuk pembuatan kandang bisa ditekan sebab pekerjaan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok diterapkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
jika lahan yg ada terbatas, bisa dipertimbangkan jenis kandang terkurung atau type baterai. Kandang jenis ini relatif tidak butuh tempat luas, tetapi biaya pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang jenis ini sesuai untuk budidaya sungguh-sungguh.
pikirkanlah juga arah ternak bebek. jika fokus pada produksi telur dan daging, metode tekurung serta baterai bisa dipakai. tapi jika memiliki tujuan untuk pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkan model pekarangan atau kandang terkurung, dimana di dalamnya disediakan sarana kolam untuk berenang.
menentukan bibit bebek
buat hasil ternak bebek yg maksimal, seharusnya muai dengan memilih bibit yang baik. Ada tiga cara untuk mendapatkan bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yang terbukti kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini bisa dikerjakan kalau kita punyai bibit yang berkualitas, serta memiliki sarana pembibitan sendiri.
Membeli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak berbeda.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk arah peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yang dihasilkan terkait dengan tipe pakan yang dikasihkan. Berikut ini jenis-jenis pakan bebek.

a. Tipe pakan
Ada dua type pakan ternak bebek, yakni pakan alami dan pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berwujud keong dan kepaa udang. dan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat bisa diramu sendiri.

apabila kita membeli pakan dari pabrik, minimal terdapat tiga jenis pakan untuk semasing sesi perkembangan. tahap awal diperuntukkan buat bebek berusia 0-8 minggu, babak grower buat usia 8-18 minggu dan fase layer umur 18-27 minggu. Pakan fase awal sedikitnya punyai kandungan protein 20-22%, sesi grower 17-19% dan fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein sekurang-kurangnya serta sesuai untuk pakan unggas. selanjutnya satu diantaranya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (%) Grower (prosen) Layer (prosen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Trik pemberian pakan
Metode memberikannya pakan pada bebek yang baru netas sampai berusia 21 hari sebaiknya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari bisa disebar dilantai serta diberikan lewat cara tiada henti. demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. lalu air minum disajikan dalam wadah khsus di dalam kandang dengan terus-terusan. Berikut ini tabel banyaknya pakan ternak bebek:

Umur (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Dod Bebek Petelur Medan




Jual Dod Bebek Petelur Medan


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar