Selasa, 21 Mei 2019

Harga Bibit Bebek Mojosari

Harga Bibit Bebek Mojosari


Harga Bibit Bebek Mojosari - Butuh Info? Telp 085204442226 Jual Bibit Bebek Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek sekarang ini makin popular. Permintaan pada daging bebek terus makin bertambah. dulu peternak bebek lebih menitik beratkan pada produksi telur, sedang daging cuma untuk produk samping. Daging bebek dipanen setelah saat produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg mengarah pada daging.
Masyarakat umum kebanyakan memandang sama antara itik serta bebek. walaupun sebenarnya terdapat sedikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya serupa botol dan gerakannya gesit. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. Namun dalam review kesempatan ini, kita tidak mengetahui antara itik dan bebek, mengingat pada umumnya proses budidayanya relatif sama.



Harga Bibit Bebek Mojosari


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Harga Bibit Bebek Mojosari

Harga Bibit Bebek Mojosari


Dewasa ini telah tersedia bebek pribadi pedaging serta bebek petelur. Namun sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk diambil kedua-duanya, baik telur maupun dagingnya. Tidak seperti ternak ayam yang sudah spesifik dan tak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. menjadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam menghasilkan telur. Dalam 1 tahun bebek ini sanggup bertelur 250-300 butir. bebek bisa mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, serta tetap produktif hingga umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau juga dikenal dengan nama alabio adalah salah satunya style bebek yang banyak dibudidayakan. sebetulnya ada style bebek kalimantan beda yaitu bebek nunukan. tapi tdk demikian populer dibanding bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya lebih besar ketimbang bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di sisi sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio tambah besar dibandingkan bebek Jawa. kapabilitas bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai sama namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berwujud bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali memiliki warna tubuh yang bermacam. kapabilitas bertelurnya lebih sedikit dibanding bebek jawa dan bebek alabio, sekitar 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal setelah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek jenis ini pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang memandang menjadi bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner menyerupai dengan bebek jawa, ramping serta berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping jenis-jenis bebek di atas, ada bebek berbagai tipe bebek pedaging. Atau biasa pun dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury dan bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dijalankan dengan cara penggembalaan atau sistim kandang. Di tengah semakin sulitnya area penggembalaan, sekarang banyak peternak banyak yang berubah ke skema kandang. sudah banyak peternak yg menyatakan dengan skema kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. Berikut ini banyak hal yang perlu dilihat dalam usaha ternak bebek.

a. Sistim budidaya
Seperti udah disinggung sebelumnya, ada dua sistem ternak bebek yakni sistim penggembalaan serta metode kandang. Kedua langkah itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak dimanfaatkan oleh beberapa peternak tradisionil, contohnya para peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih hemat. Bebek mencari sendiri pakan yang berada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan lain sebagainya. Biasanya kualitas telur yang dibuat dengan metode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. apabila diolah jadi telur asin sangatlah baik.

akan tetapi sistim ini belum semestinya dapat diterapkan di semua tempat. Mengingat semakin minimnya area serta tenaga kerja penggembala yang susah didapat, langkah ini semakin tak disukai banyak orang. di lain bidang, cara budidaya dengan kandang telah semakin maju. beberapa praktek ternak bebek dalam kandang menunjukkan produktivitas yang tidak kalah baik. mutu telur yg dihasilkan bisa diatur dengan pemberian pakan yang pas. Terdapat beberapa type kandang untuk ternak bebek, berikut penjelasannya:

Kandang tipe pekarangan. type kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini punya sifat terbuka, namun disediakan kandang buat berteduh. jika malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke dalam kandang.
Kandang terkurung atau tipe postal. Berupa satu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding rata-rata terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang ditempatkan beberapa sarana seperti tempat pakan, minum atau bila sangat mungkin kolam berenang. Dasar kandang dapat berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang jenis baterai. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. umumnya dibuat dari kisi-kisi bambu, sebagaimana pada budidaya ayam petelur sungguh-sungguh. Kandang tipe baterai dapat di tempatkan dalam atau luar ruang. Dengan tipe kandang baterei, tidak disajikan kolam untuk berenang.
b. Menentukan tipe kandang
Model kandang seperti apakah yang sesuai buat saya? mungkin itu pertanyaan yang ada pada ingatan pembaca. penentuan tipe kandang sangat berkenaan dengan adanya sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. selanjutnya soal yang perlu dipertimbangkan dalam pilih tipe kandang.

apabila tempat yg ada cukuplah luas bisa dipertimbangkan kandang tipe pekarangan. Kandang ini butuh tempat yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang dapat didesak sebab kesibukan bebek bakal dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas dipraktekkan pada terak bebek semi sungguh-sungguh.
jika area yang ada hanya terbatas, dapat dipertimbangkan model kandang terkurung atau jenis battery. Kandang model ini relatif tidak membutuhkan tempat luas, tetapi ongkos pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang model ini pas buat budidaya mendalam.
pikirkan pula tujuan ternak bebek. apabila konsentrasi pada produksi telur dan daging, metode tekurung dan baterei dapat diperlukan. Tetapi apabila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, seharusnya pikirkanlah model pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan fasilitas kolam untuk berenang.
pilih bibit bebek
Untuk hasil ternak bebek yg optimal, sebaiknya muai dengan menentukan bibit yg baik. Ada tiga cara buat dapatkan bibit bebek, ialah:

beli telur tetas dari induk bebek yg dapat di buktikan kwalitetnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. perihal ini dapat dijalankan bila kita mempunyai bibit yang memiliki kualitas, serta mempunyai sarana pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lainnya.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging butuh pakan yg berkualitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dihasilkan terkait dengan tipe pakan yang diberikan. di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Type pakan
Terdapat dua style pakan ternak bebek, ialah pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami bisa berbentuk keong dan kepaa udang. Sedangkan pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau buat mengirit dapat diramu sendiri.

apabila kita beli pakan dari pabrik, setidaknya ada tiga tipe pakan untuk masing-masing babak perkembangan. Fase awal diperuntukkan untuk bebek berumur 0-8 minggu, tahap grower buat usia 8-18 minggu serta fase layer umur 18-27 minggu. Pakan sesi awal semestinya miliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% dan sesi layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan itu memenuhi kandungan protein minimal serta cocok untuk pakan unggas. tersebut salah satu contoh pakan konsentrat yg diramu sendiri.

Bahan baku Awal (prosen) Grower (%) Layer (%)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Teknik pemberian pakan
Langkah memberikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari sebaiknya diberikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan untuk bebek di atas 21 hari dapat disebar dilantai dan dikasihkan dengan terus terusan. Demikian juga dengan pembrian air minum, buat anak bebek 0-7 hari baiknya tambahkan vitamin pad air minum. sesudah itu air minum disajikan dalam wadah khsus di kandang lewat cara tak henti. dibawah ini tabel jumlah pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gram) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Harga Bibit Bebek Mojosari




Harga Bibit Bebek Mojosari


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar