Kamis, 16 Mei 2019

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Jual Bibit Bebek Semarang - Hubungi kami dengan Telp 085204442226 Jual Bibit Ayam Joper Berkualitas. Seluruh wilayah jawa bisa kirim langsung sampai kandang bayar setelah sampai. Luar jawa kirim via cargo pesawat.

Ternak bebek waktu ini bertambah disukai banyak orang. Permintaan terhadap daging bebek terus semakin bertambah. Dahulu peternak bebek lebih memfokuskan pada produksi telur, dan daging hanya sebagai produk samping. Daging bebek dipanen selesai waktu produktifitas bertelurnya habis. saat ini banyak ternak bebek yg mengarah pada daging.
Masyarakat umum biasanya menganggap sama pada itik dan bebek. meski sebenarnya ada sedikit perbedaan pada itik dengan bebek. Itik punyai ciri tubuh lebih ramping, berjalan tegak, tubuhnya mirip botol serta gerakannya lincah. sedang bebek tubuhnya lebih lebar, berjalan horizontal serta gerakannya lambat. akan tetapi dalam ulasan kesempatan ini, kita tdk membedakan antara itik serta bebek, mengingat umumnya proses budidayanya relatif sama.



Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timurckquote>

0852 0444 2226 / 0852 0444 2224
q

Jual Bibit Bebek Semarang

Jual Bibit Bebek Semarang


Saat ini telah ada bebek privat pedaging dan bebek petelur. tetapi sesungguhnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek buat diambil keduanya, baik telur maupun dagingnya. tak seperti ternak ayam yang sudah spesifik serta tidak bisa disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Kenal jenis-jenis bebek
Bebek Jawa
bebek jawa ialah bebek lokal asi Indonesia. bebek ini banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. jadi bebek lokal, bebek jawa cukuplah produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek ini dapat bertelur 250-300 butir. bebek dapat mulai bertelur pada usia 5-6 bulan, serta masih produktif sampai umur 2 tahun.
Bebek Kalimantan
bebek Kalimantan atau dikenal juga dengan nama alabio merupakan satu diantaranya tipe bebek yang banyak dibudidayakan. memang ada jenis bebek kalimantan beda ialah bebek nunukan. tapi tidak begitu disukai banyak orang ketimbang bebek alabio. bebek Alabio ukuran tubuhnya tambah besar dibandingkan bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu di bagian sayap, dada, leher dan kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur tubuhnya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar dibandingkan bebek Jawa. kekuatan bertelur bebek ini kira-kira 150-225 butir per tahun.
Bebek Bali
Sesuai dengan namanya bebek ini datang dari Bali. Konon sebelumnya berbentuk bebek liar yg didomestikasi petani ditempat buat dijinakan. bebek bali miliki warna tubuh yang beragam. potensi bertelurnya lebih dikit dibandingkan bebek jawa serta bebek alabio, kurang lebih 140-145 butir per tahun. bebek bali baru bisa bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.
Indian Runner
bebek indian runner datang dari Belanda dan Belgia. bebek type ini cocok dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan banyak yang menganggap sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk tubuh bebek indian runner mirip dengan bebek jawa, ramping dan berjalan tegak seperti botol. Warna tubuhnya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.
Bebek pedaging
Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek berbagai jenis bebek pedaging. Atau biasa ikut dimaksud bebek, ialah bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek
Ternak bebek bisa dilakukan dengan cara penggembalaan atau metode kandang. Di tengah makin sulitnya lahan penggembalaan, sekarang beberapa peternak banyak yang berubah ke metode kandang. udah banyak peternak yang memperlihatkan dengan sistem kandang, budidaya bebek konsisten produktif bertelur. Berikut ini berbagai hal yang wajib dilihat dalam upaya ternak bebek.

a. Metode budidaya
Seperti sudah disinggung awal kalinya, ada dua sistim ternak bebek yakni sistem penggembalaan dan sistim kandang. Kedua langkah itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. langkah penggembalaan banyak difungsikan oleh beberapa peternak tradisionil, perumpamaannya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan metode penggembalaan pengeluaran untuk pakan bisa lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang ada pada alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing dan sebagainya. umumnya kualitas telur yg dihasilkan dengan mode penggembalaan lebih baik, warna kuning telurnya prima. Bila diolah menjadi telur asin amat baik.

Hanya saja sistem ini belum pula pasti bisa ditempatkan di semua tempat. Mengingat makin kurangnya tempat dan tenaga kerja penggembala yang sukar diterima, sistim ini kian tidak disukai banyak orang. di lain sisi, cara budidaya dengan kandang sudah bertambah maju. beberapa praktik ternak bebek dalam kandang memperlihatkan produktivitas yang tidak kalah baik. mutu telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang tepat. Terdapat beberapa jenis kandang buat ternak bebek, selanjutnya pembicaraannya:

Kandang type pekarangan. model kandang ini berwujud pekarangan yang sekelilingnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang ini berwujud terbuka, tetapi disiapkan kandang untuk berteduh. jika malam tiba atau hujan, bebek bisa masuk untuk berteduh ke kandang.
Kandang terkurung atau type postal. Berupa suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding kebanyakan terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dibiarkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang di tempatkan berbagai fasilitas seperti tempat pakan, minum atau jika sangat mungkin kolam berenang. basic kandang bisa berupa tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.
Kandang tipe baterei. Dalam kandang ini 1-2 bebek di tempatkan dalam kotak yang terpisah. rata-rata dibikin dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur mendalam. Kandang type baterei dapat ditaruh di dalam atau luar area. Dengan type kandang baterei, tidak disajikan kolam buat berenang.
b. Menentukan type kandang
Tipe kandang seperti apakah yg cocok untuk saya? mungkin itu pertanyaan yang berada di ingatan pembaca. penentuan type kandang sangat terkait dengan adanya sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. tersebut soal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan tipe kandang.

Bila tempat yang tersedia cukuplah luas dapat dipertimbangkan kandang type pekarangan. Kandang ini membutuhkan tempat yang luas, tetapi investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan lantaran pekerjaan bebek akan dihabiskan di pekarangan. Kandang pekarangan cocok ditempatkan pada terak bebek semi intensif.
jika tempat yg tersedia terbatas, bisa dipertimbangkan model kandang terkurung atau tipe baterai. Kandang jenis ini relatif tdk butuh lahan luas, namun cost pembuatan kandangnya lumayan besar. Kandang model ini pas buat budidaya intens.
Pertimbangkan pula tujuan ternak bebek. apabila fokus pada produksi telur dan daging, mode tekurung dan baterei bisa dipakai. tapi bila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, sebaiknya pertimbangkan jenis pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disediakan fasilitas kolam untuk berenang.
Memilih bibit bebek
untuk hasil ternak bebek yg maksimum, seharusnya muai dengan menentukan bibit yang baik. Ada tiga trik untuk mendapatkan bibit bebek, yakni:

Membeli telur tetas dari induk bebek yang dapat dibuktikan kualitasnya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator.
Memproduksi sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan dan betina. masalah ini dapat dikerjakan apabila kita mempunyai bibit yang memiliki kualitas, dan miliki fasilitas pembibitan sendiri.
beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain.
Pakan ternak bebek
Ternal bebek baik untuk tujuan peterlur atau pedaging perlu pakan yang memiliki kualitas. Pada bebek petelur, kualitas telur yg dihasilkan tergantung dengan model pakan yang diberikan. Berikut ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Type pakan
Ada dua tipe pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. dan pakan konsentrat dapat di beli dipabrik, atau buat menghemat dapat diramu sendiri.

Bila kita membeli pakan dari pabrik, semestinya terdapat tiga jenis pakan untuk semasing sesi pertumbuhan. babak awal diperuntukan bagi bebek berumur 0-8 minggu, fase grower untuk umur 8-18 minggu serta babak layer usia 18-27 minggu. Pakan fase awal minimal memiliki kandungan protein 20-22%, tahap grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Syaratnya ramuan tersebut penuhi kandungan protein sedikitnya dan pas untuk pakan unggas. selanjutnya salah satunya contoh pakan konsentrat yang diramu sendiri.

Bahan baku Awal (persen) Grower (prosen) Layer (persen)
Jagung giling 25 20 15
Dedak halus 40 50 60
Ubi kayu 5 5 5
Tepung ikan 20 15 10
Bungkil kelapa 5 5 5
Bungkil kedelai 5 5 5

b. Langkah pemberian pakan
Langkah berikan pakan pada bebek yang baru netas hingga berusia 21 hari semestinya disediakan dalam baki pakan (tray feeder). Sedangkan buat bebek di atas 21 hari bisa ditebar dilantai dan dikasihkan dengan cara terus menerus. Demikian juga dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari seharusnya tambahkan vitamin pad air minum. seterusnya air minum disiapkan dalam wadah khsus dalam kandang dengan cara terus menerus. dibawah ini tabel jumlahnya pakan ternak bebek:

usia (minggu) Jumlah (gr) Umur (minggu) Jumlah (gram)
1 15 12 76
2 30 13 76
3 40 14 70
4 60 15 70
5 65 16 80
6 70 17 80
7 70 18 85
8 72 19 90
9 74 20 90
10 74 21 90
11 75 22 100
Jual Bibit Bebek Semarang




Jual Bibit Bebek Semarang


Jl. Dr. Moh. Hatta No.4, Kota Blitar, Jawa Timur


0852 0444 2226 / 0852 0444 2224

Tidak ada komentar:

Posting Komentar